文章
  • 文章
国际

Bincang Mantan:Apa kabar resolusi?

发布于2018年1月12日下午6点36分
更新时间:2018年1月12日下午6:37

雅加达,印度尼西亚 - Kedua penulis kolom baru Rappler,Bincang Mantan,adalah antitesa pepatah yang mengatakan kalau sepasang bekas kekasih tidak bisa menjadi teman baik。 Di kolom ini,Adelia dan Bisma akan berbagi pendapat mengenai hal-hal acak,mulai dari hubungan pria-wanita hingga(mungkin)masalah serius。

Bisma:Tidak perlu tunggu new yea r untuk jadi new you

Masyarakat现代(atau 至少 orang-orang sekitar saya)punya kebiasaan yang menurut saya teramat tidak berfaedah yang biasa disebut resolusi tahun baru。

Bagi yang tidak ada gambaran sama sekali soal ini,resolusi itu adalah janji kepada diri sendiri yang biasanya jauh lebih manis dari gombalan seorang pria ke gebetannya dan lebih visioner dari gombalan pria tadi ke orang tua gebetannya。

Memang bagus banget kok kalo kita punya target dan cita-cita untuk jadi lebih baik,apalagi biasanya resolusi itu memang seputar peningkatan kualitas diri kan,seperti“Tahun ini harus kurus”atau“Tahun ini harus move on”,bahkan bisa juga“Tahun ini harus lebih rajin ibadah“。 Tapi yang saya permasalahkan adalah,apakah untuk jadi lebih baik harus ganti tahun baru dulu? Memangnya tidak bisa ya di tanggal 31 Desember kita udah perbanyak ibadah?

Kita harus ingat,tidak perlu tungggu new year untuk jadi new you !!

Resolusi yang dibuat setiap tahun menurut saya seakan membatasi perkembangan diri kita sendiri,terutama yang resolusinya sudah gagal di tengah jalan。 Jamak, lho, saya temukan teman yang resolusi dietnya gagal di bulan 9月malah memilih untuk tunggu tahun depan aja untuk melanjutkan dietnya sebagai resolusi baru,dibanding mulai diet saat itu juga karena tahun itu sudah dia anggap gagal。

Padahal,kalau memang mau sehat,饮食sih饮食aja enggak usah tunggu tahun baru kan?

Coba yuk,kita yang sudah buat resolusi tahun ini sedikit refleksi iseng dulu。 Pertanyaannya 简单 ,apa kabar resolusi Indah yang kamu buat di malam tahun baru kemarin? Ini baru minggu kedua 2018 lho

Permasalahan yang saya lihat dari resolusi tahun baru adalah,kita bercita-cita setinggi itu karena mengikuti euphoria aja karena semua orang yang melakukan hal yang sama。 Sesuatu yang dimulai dengan impulsive biasanya bersifat,kalau menurut peribahasa,hangat-hangat tahi ayam,makanya resolusi tahun baru biasanya cuma jadi pemanis malam tahun baru aja enggak ada bedanya sama terompet tahun baru。

Menurut saya,dibanding membuat resolusi tahun baru yang cuma bertahan sebentar sebagai pemanis itu,kenapa kita semua tidak sepakat untuk membuat euphoria resolusi jenis baru aja? 新的一天,新的你 ,mungkin?

Jadi semua orang punya resolusi bahwa besok dia harus jadi orang yang lebih baik。 “Besok harus ibadah full ,diet sehat,dan olah raga”。 Terdengar jauh lebih 可行 dibanding“Tahun 2018 saya harus rajin ibadah,diet sehat,dan olah raga rutin”,kan?

Menurut saya bagus banget kalau seseorang punya target,cita-cita,atau harapan mengenai bagaimana dia mau dirinya menjadi manusia yang lebih baik di tahun yang baru。 Tapi jika hal itu cuma dibuat sebagai pemanis tahun baru,dan ikut-ikutan saja,semua itu malah sia-sia。 Enggak ada gunanya。

Jadi dibanding punya target setahun kedepan akan gimana,terus kalau gagal di tengah jalan malah malas melanjutkannya(seperti yang terjadi kepada kita semuangaku !!),修补kita bikin target setiap harinya akan gimana kan?

Semoga dengan euphoria pas yang diulang setiap hari,target kita bisa lebih terlaksanakan dibanding target satu tahun yang euphoria nya kadang udah kita lupa。 Saya yakin tahi ayam kalau baru satu hari masih ada hangat-hangatnya dibanding yang sudah berumur satu tahun,iya kan?

阿德利亚: 准备失败

Saya sih setuju sama Mas di atas kalau punya niat ya enggak harus tahun baru,kapan pun juga bisa。 新年的决议被高估了 Kalau emang punya niat berubah,enggak harus dilakuin setiap pergantian tahun kok。 但话又说回来 ,saya percaya pentingnya suatu momentum untuk memulai dan mengakhiri sesuatu - makanya kita semua suka dengan“tanggal cantik”untuk acara atau jadian,kan?

Saya sendiri lebih suka动力ulang tahun,karena buat saya,tahun baru itu milik semua,sementara ulang tahun hanya milik saya。 Saya juga lebih suka menuliskan target setahun ke depan dibandingkan“Apa yang harus diubah”。 Entahlah,namanya juga preferensi。

Nah,karena balik-baliknya ini adalah masalah preferensi .... 让人们拥有美好的事物。

Udahlah,enggak usah nyinyir sama yang gembar-gembor kalau tahun ini mau turun 20公斤atau mau berhenti merokok atau mau nikah(entah sama siapa)。 Biarkan saja。 Kalau dia mau maju ya diaminkan saja。 Meskipun berdasarkan riset umumnya resolusi tahun baru berhenti di bulan Febuari,tapi bukankah hal yang baik kalau seseorang ingin menjadi lebih baik?

不,buat kalian yang punya resolusi tahun baru,menjelang pekan ketiga tahun 2018,apa kabar? Masih semangat pergi ke 健身房 Masih sabar mengikuti keinginan饮食pemakaian kartu kredit? Sudah mulai belajar untuk daftar sekolah lagi? Sudah mulai menabung untuk liburan akhir tahun ke Jepang?

Saya punya tip nih buat kalian yang mulai cemas atau putus asa: 准备失败

Iya,memang suram。 Tapi itu salah satu nasehat terbaik yang pernah saya dapatkan。 Punya keinginan boleh,usaha keras harus,tapi kamu juga harus sadar kalau kegagalan itu terkadang enggak bisa dihindari。 Ibarat KPI di kerjaan,enggak mungkin kamu mencapai skor 100%di setiap hal - kecuali kamu anak ajaib。 Kalau kamu sudah bisa menerima kemungkinan terburuk,baru deh jalanin semua targetmu。 Karena kalau tidak,bisa stres, shay

更明亮的是, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan lainnya:menuliskan targetmu di agenda yang bisa kamu lihat setiap hari; punya buku harian yang mencatat perjalanan kamu dalam mencapai target; punya teman yang bertujuan sama agar bisa saling memotivasi --- ada banyak tips lainnya,silakan cari sendiri,karena saya bukan Mario Teguh。

Terakhir,saya cuma mau pesan(lagi), 它可以失败。 它不会让你失败,它会让你成为人类 Dan,kalau masih ada yang nyinyirin resolusi tahun baru kalian,tinggalin aja。 印度尼西亚sudah kebanyakan网友nyinyir,masa di dunia nyata harus ketemu yang kayak gitu juga? -Rappler.com

Adelia adalah mantan记者Rappler yang kini berprofesi sebagai konsultan公关,sementara Bisma adalah seorang konsultan hukum di Jakarta。 Keduanya bisa ditemukan dan diajak bicara di @adeliaputri dan @bismaaditya。